Senin, 20 April 2020

heal the world from corona virus


HI !! Selamat datang kembali di blog Dian Safitri . Aku usahakan akan sesering mungkin untuk upload hal-hal yang mungkin bisa menambah wawasan teman-teman semua dan semoga kalian suka . PLEASE ENJOY !!

Kali ini aku ingin membahas menganai corona virus atau 2019-nCoV yang telah mewabah di Negara kita . Buat kalian yang belum memahami tentang corona virus, mari kita simak beberapa hal berikut

Gambar penampang dari corona virus
Apa sih corona virus itu? Jadi menurut kemenkes, 2019-nCoV atau corona virus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit ringan sampai berat, seperti common cold atau pilek dan penyakit yang serius seperti MERS dan SARS dengan penularannya dari hewan ke manusia (zoonosis) dan penularan dari manusia ke manusia sangat terbatas. 




Lalu bagaimana corona virus dapat menyebar?
Menurut WHO, virus corona COVID-19 menyebar orang ke orang melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut yang menyebar ketika seseorang batuk atau menghembuskan nafas. Tetesan ini kemudian jatuh ke benda yang disentuh oleh orang lain. Orang tersebut kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut.




Siapa saja sih orang yang rentan terinfeksi virus corona?

1. Orang lanjut usia (lansia)
Salah satu kelompok yang paling rentan terinfeksi virus corona adalah orang lanjut usia (lansia) berusia 60 tahun ke atas. Mengapa lansia lebih rentan terhadap paparan virus corona? Seiring bertambahnya usia seseorang, tubuh akan mengalami berbagai penurunan akibat proses penuaan. Mulai dari menurunnya produksi hormon, kekenyalan kulit, massa otot, kepadatan tulang, hingga kekuatan dan fungsi organ-organ tubuh.

2. Orang dengan riwayat penyakit tertentu
Orang dengan riwayat penyakit tertentu, seperti orang-orang yang menderita risiko penyakit kronis dapat meningkat secara bertahap mulai dari usia 40 tahun, penyakit tidak menular kronis , perokok, penderita HIV atau AIDS, orang yang melakukan transplantasi organ atau sumsum tulang, serta orang yang mengonsumsi obat kortikosteroid dosis tinggi atau obat penekan kekebalan memiliki sistem kekebalan tubuh yamg lemah dan lebih sulit melawan infeksi. Akibatnya, tubuh akan lebih mudah terserang penyakit, termasuk virus corona Covid-19.

3. Tenaga medis di rumah sakit
Bagaimana tidak, mereka diharuskan untuk bersinggungan langsung dengan pasien yang terinfeksi virus corona. Mengingat risikonya sangat tinggi, para tenaga medis perlu menerapkan prosedur, protokol, dan penggunaan alat pelindung diri tertentu guna mencegah penularan virus corona.

Lalu bagaimana sih gejala yang timbul dari corona virus?

Gejala COVID-19 yang paling umum adalah demam >380 C, kelelahan, batuk kering,dan sesak napas yang membutuhkan perawatan di RS . Beberapa pasien mungkin mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Gejala-gejala ini bersifat ringan dan terjadi secara bertahap. Orang yang lebih tua, dan mereka yang memiliki masalah medis seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung atau diabetes, lebih mungkin terkena penyakit serius.







Namun, beberapa orang yang terinfeksi tetapi tidak menunjukkan gejala apa pun dan tak merasa tidak enak badan. Kebanyakan orang (sekitar 80%) pulih dari penyakit tanpa perlu perawatan khusus. Sekitar 1 dari setiap 6 orang yang mendapatkan COVID-19 sakit parah dan mengalami kesulitan bernapas.










Dengan adanya virus ini kita semua jangan takut akan virus corona tersebut karena semakin kita takut maka sistem imun kita pun juga akan menurun sehingga tubuh kita tidak dapat melawan virus-virus. Sebaiknya kita selalu waspada dengan cara sebagai berikut :

1. Sering mencuci tangan,
Gambar 1. Bagaimana cara mencuci tangan dengan sabun
yang baik dan benar
Pastikan mencuci tangan setelah dari toilet, setelah batuk dan bersin, serta sebelum dan sesudah makan. Anda bisa mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun.Namun, jika Anda sulit menemukan akses air mengalir, Anda bisa mencuci tangan dengan cairan pembersih (hand sanitizer) yang mengandung alkohol 60%. Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau cairan pembersih yang mengandung alkohol dapat membantu menyingkirkan dan membunuh virus yang mungkin terdapat pada permukaan tangan Anda. Pastikan Anda mencuci tangan dengan cara yang tepat selama minimal 20 detik.
Gambar 2. Bagaimana cara memakai
hand sanitizer yang baik dan benar
2. Menyemprotkan cairan disinfektan
Rutin menyemprotkan cairan disinfektan pada permukaan benda yang paling sering disentuh oleh orang banyak. Misalnya, gagang pintu, meja, kursi, keran wastafel, lemari, dan lain-lain.
Cairan disinfektan dianggap lebih efektif dalam membunuh bakteri dan mikroorganisme pada permukaan benda mati apa pun, yang menjadi perantara paparan infeksi virus atau bakteri berbahaya bila dihirup atau disentuh manusia.

3. Jaga jarak dengan orang yang sedang sakit
Hindari berdekatan dengan orang yang sedang sakit, termasuk orang yang mengalami gejala batuk atau bersin. Jika memungkinkan, jaga jarak setidaknya 1 meter dari anggota keluarga yang tinggal satu rumah dan dalam kondisi sedang sakit. Atau gunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya.
Pasalnya, saat seseorang batuk atau bersin, mereka akan mengeluarkan percikan cairan yang mengandung virus dari hidung atau mulutnya. Jika jarak Anda terlalu dekat dengannya, Anda bisa menghirup percikan cairan sehingga menyebabkan Anda tertular penyakit yang dialami oleh orang tersebut, termasuk virus corona Covid-19.

4. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut
Cara mencegah penularan virus corona lainnya adalah dengan menghindari sentuh mata, hidung, dan mulut, sampai tangan sudah dalam kondisi bersih.
Pasalnya, sehari-hari teman-teman mungkin menyentuh benda apa pun yang berada di sekitar kalian. Disadari atau tidak, benda-benda tersebut dapat berisiko meningkatkan penyebaran virus di tangan Anda.Saat tangan menyentuh mata, hidung, dan mulut maka virus dapat masuk ke dalam tubuh sehingga membuat Anda jatuh sakit.

5. Menjaga kebersihan saat batuk dan bersin
Ketika Anda bersin dan batuk, pastikan teman-teman menutup hidung dan mulut dengan siku bagian dalam atau tisu. Setelah itu, langsung buang tisu di tempat sampah tertutup dan bersihkan tangan menggunakan air mengalir dan sabun, atau hand sanitizer. Dengan ini, teman-teman dapat melindungi orang lain di sekitar kalian, terutama orang lansia dan orang dengan riwayat penyakit kronis tertentu dari berbagai macam virus, seperti flu, pilek, hingga COVID-19, yang mungkin keluar melalui percikan cairan dari mulut dan hidung.

6. Ikuti protokol kedatangan sampai di rumah setelah bepergian
Jika ada anggota keluarga yang masih bepergian ke luar rumah di tengah wabah corona, pastikan untuk mengikuti protokol kedatangan sampai di rumah setelah bepergian berikut ini agar terhindar dari penularan virus corona:
  • Lepas sepatu di pintu, sebelum masuk ke rumah
  • Semprotkan cairan disinfektan pada barang yang dibawa bepergian
  • Membuang tanda terima yang tidak diperlukan
  • Jangan menyentuh barang apa pun dan jangan langsung beristirahat
  • Segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  • Buka pakaian
  • Mandi hingga bersih
7. Hubungi dokter atau rumah sakit jika mengalami gejala penyakit tertentu
Apabila kelompok orang rentan terinfeksi virus corona yang tinggal serumah dengan Anda mengalami gejala penyakit tertentu, terutama gejala corona virus, hubungi pihak rumah sakit terlebih dahulu guna mendapatkan pertolongan medis ke rumah sakit.

8. Menggunakan masker ketika ingin bepergian, terdapat juga aturan untuk penggunaan masker sebagai berikut
9. Berjemur
            Tubuh membutuhkan vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan pencegahan penyakit, seperti Covid-19 yang disebabkan oleh virus Corona.Berjemur dapat di mulai dari jam 10.00 hingga jam 11.00 siang yang merupakan waktu terbaik untuk berjemur dengan rentang waktunya pun hanya antara 10 sampai 15 menit saja untuk mencegah kerusakan atau kulit terbakar akibat paparan sinar matahari berlebih.

10. Menghindari kontak dengan hewan, pasar hewan dan agar tidak mengonsumsi daging mentah atau daging hewan liar

            Berikut informasi dari aku yang bisa aku bagikan ke kalian semua mengenai corona virus, semoga dengan ini kalian bisa lebih berhati-hati dengan adanya virus ini dan juga patuh pada pemerintah untuk tidak kemana-mana #stayathome dan menerapkan wfh (work from home) serta tidak lupa untuk selalu berbagi kepada yang saling membutuhkan, karena adanya virus ini seharusnya kita lebih saling bersatu dan saling mengayomi satu sama lain. Semoga ketika temen-temen baca blog ini wabah corona sudah membaik bahkan menghilang dari negara kita AMIN!!.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar