Minggu, 19 April 2020

PKM menguji kreativitasku


HAI ! Selamat datang kembali di blog aku, Dian Safitri . Pada kesempatan kali ini aku aku ingin update tentang kegiatanku di kampus selain belajar mata kuliah di salah satu kampus di Kota Semarang. PLEASE ENJOY !!!

     Menjadi salah satu mahasiswa D3 farmasi selain kita memiliki banyak praktek kita juga disibukkan dengan beberapa tugas dari setiap mata kuliah . Namun ada yang berbeda dengan satu ini dimana ini adalah ajang untuk meningkatkan kreativitas setiap mahasiswa yaitu PKM. Bagi yang belum tau apa itu PKM mari kita simak hal berikut.

     PKM ( Program Kreativitas Mahasiswa ) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat ( yang semula adalah Direktorat Penilitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti ), Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementrian Ristek Dikti untuk meningkatkan mutu mahasiswa di Perguruaan Tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan / atau kesenian serta memperkaya kebudayaan nasional.

     PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pecerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi, dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.
PKM sendiri memili beberapa jenis yaitu PKM-penelitian (PKM-P), PKM –Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), dan PKM-Penulisan Ilmiah (PKM-I).

Gambar 1. Judul proposal
     Alhamdulillah untuk kesempatan pada semester I kemarin, aku dan kelompokku mendapat kesempatan untuk mengikuti PKM-Penilitian atau PKM-P dengan judul Potensi Ekstrak Temu Kunci (Boesenbergia pandurat) Sebagai Alternatif Mukolitik Herbal . Mengikuti PKM adalah pengalaman terbaru untukku jadi ketika kelompokku ingin membuat proposal sedikit kebingungan untungnya kita didampingi oleh dosen yang sudah sangat berpengalaman pada bidangnya dan juga kita dibantu dengan kakak tingkat yang sudah pernah mengikuti PKM sebelumnya jadi kita dapat menyusun proposal dengan mudah. Pada saat pembuatan proposal dipenuhi dengan suka duka seperti tugas-tugas lain yang sudah menumpuk, namun dengan adanya PKM kreativitas kita dapat kita keluarkan dan dengan diadakannya PKM kita semakin kenal dengan banyak orang yang telah ahli dalam bidangnya.

     Setelah pengumpulan proposal dilakukan kita semua berharap kita dapat lulus uji kampus sehingga kita dapat ikut ke pimnas dimana perlombaan sebenarnya dimulai . Namun kita kurang beruntung karena ternyata kita hanya sampai pada peringkat 13, dan alhamdulilah juga kita mendapat sertifikat karena telah mengikuti PKM ini, kami sangat bersyukur dan menganggap itu adalah pelajaran bagi kita agar pembuatan PKM di semester depan dapat dibuat dengan baik karena bekal dari semester I ini.
Gambar 2. Sertifikat bagi peserta yang mengikuti PKM
Gambar 3. Foto ketika selesai bimbingan dikampus
     Mungkin cukup sekian cerita dari aku mengenai kegiatan kampus yaitu adanya PKM, aku harap untuk kedepannya aku dapat membuat PKM lebih baik dari sebelumnya. Terimakasih untuk teman-teman yang sudah menyimak pengalaman baruku mengenai PKM ini . Aku harap kalian semua senang dari ceritaku kali ini dan semoga dapat menginspirasi kalian . Sukses dan Terimakasih untuk kalian semua.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar