Minggu, 19 April 2020

PKKMB yang seru



HAI ! Selamat datang kembali di blog aku, Dian Safitri . Pada kesempatan kali aku ingin update ke temen-temen tentang awal mula aku masuk sebagai mahasiswi di salah satu kampus di Kota Semarang. PLEASE ENJOY !!!

Setelah menamatkan sekolah di salah satu SMA Negeri di Kota Semarang, aku meneruskan kuliah di salah satu kampus swasta yang di Semarang juga dengan jurusan Farmasi. Sesuatu yang tidak pernah aku bayangkan selama ini karena aku akan meneruskan pendidikan di luar negeri wkwk alias swasta. Setelah aku mendaftar dan mengikuti berbagai tes seperti tes kesehatan, tes psikotes dan mengikuti suatu acara pengenalan kampus, akhirnya aku resmi menjadi bagian dari mahasiswi tersebut.

Hal yang baru bagiku yaitu saat acara pengenalan kampus atau sekarang lebih dikenal dengan sebutan PKKMB. Jadi PKKMB atau  kepanjangan dari Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru dengan lingkungan kampusnya. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pihak kampus dapat mempersiapkan siswa dalam proses transisi menjadi mahasiswa baru dan biasanya diisi dengan pengenalan sejarah kampus,pengenalan mengenai akademik dan non-akademik kampus, pengenalan dengan sesama mahasiswa baru, penanaman wawasan kebangsaan, dan bela Negara.
Gambar 1. pengenalan akademik kampus
     Pada hari pertama PKKMB dimulai dengan pengenalan para anggota BEM kampus setelah itu kita diadakan pembagian kelompok. Pada pembagiaan kelompok kita diceritakan mengenai sejarah dari kampus kita dan kita harus mengulang kembali ilmu yg kita peroleh didepan para mahasiswa baru dan para anggota BEM pada saat itu aku sangat pemalu dan pendiam sekali karena itu adalah momen baru bagiku . Hari kedua kita menggunakan baju batik khas Indonesia disitu teman-teman sudah dibagi ke prodi masing-masing dan teman-teman sekelasku berjumlah 41 mahasiswa, pada hari itu kegiatan sangat menyenangkan kita semua mengikuti lomba yang diadakan oleh anggota himafar (himpunan mahasiswa farmasi) disitu kita terbagi menjadi beberapa kelompok, kita diminta untuk membuat yel-yel untuk setiap kelompok disana kita mengikuti berbagai lomba dari yang mudah seperti membuat kue tart dari berbagai makanan ringan hingga berakhir ke permainan yang membuat kita basah kuyup hal itu sangat seru bagiku. 
Gambar 2. Menggunakan baju batik dan menyayikan
 lagu kebanggaan kampus

Gambar 3. Pengenalan para dosen dan asdos
 serta para staff kampus
Gambar 4. Lomba menghias roti dengan makanan ringan

Pada hari terakhir dan penutup kegiatan PKKMB semua prodi dijadikan satu dan dibagikan menjadi beberapa kelompok disitu kita diminta untuk mengunjungi 2 cabang dari kampus kita dan disetiap kampus kita akan diberi tantangan tersendiri, namun kita juga diberi uang sebesar dua ratus ribu rupiah untuk keberlangsungan acara dan untuk membeli makan sore untuk kelompok kita. Semua perjalanan dapat kita lewati selama satu setengah jam dengan berjalan kaki, menaiki kendaraan online dengan penuh suka tawa . Hingga pada malam hari kita telah di penghujung acara yaitu adanya jeritan malam disana kami diminta untuk sampai kekelas dengan keadaan mati lampu, bau semerbak dari dupa, jalan merangkak, hinggga jalan dengan menutup mata banyak teman-teman disana yang merasa takut, namun bagiku itu biasa saja wkwk hingga puncak acara dari jerit malam adalah muka kita diberi arang -_- cukup menyedihkan sekali bagiku, namun acara itu tidak akan aku lupakan.

Gambar 6. Potret kebahagiaan semua mahasiswa baru pada penghujung PKKMB
Mungkin cukup sampai sini dulu ceritaku untuk menjadi seorang mahasiswa wkwk aku harap ceritaku ini dapat menghibur kalian semua dan semangat juga untuk kalian semua . Terimakasih teman-teman  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar